-->
Home » » 6 Manfaat Dahsyat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

6 Manfaat Dahsyat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

Unknown
JABODIA, Updated at: 6:51 AM

Posted by Unknown

Manfaat Minyak Zaitun, Minyak zaitun merupakan hasil olah buah zaitun sendiri menjadi ekstrak yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan baik untuk digunakan dengan secara internal maupun eksternal. Minyak zaitun berasal dari tanaman zaitun yang tumbuh di wilayah mediterania yang memberikan intensitas matahari yang banyak berbagai perusahaan yang sedang bergerak di bidang kosmetik kecantikan tidak sedikit perusahaan yang memperkenalkan produk hasil olahan buah zaitun.

Salah seorang wanita yang sudah sangat tersohor karena wajahnya yang cantik dan kulit yang begitu sangat mulus yaitu Ratu Cleopatra. Dia adalah sebagai Ratu Mesir pada zaman kuno sudah pasti hal yang sangat penting untuk merawat kesehatan maupun kecantikan dirinya sendiri. Bukan hanya dia saja, banyak artis di Indonesia juga yang mengakui bahwa kecantikan dirinya itu hasil dari buah zaitun.


Kandungan Minyak Zaitun

Apa saja sih yang terkandung didalam minyak zaitun ini sehingga banyak segudang manfaat ? Banyak sekali senyawa kimia yang sudah tersimpan di dalam minyak zaitun ini, seperti triasilgliserol yang merupakan senyawa kimia asam lemak tak jenuh tunggal dengan jenis omega 9 (asam oleat). Kadar omega 9 kira2 sekitar 55 - 83 persen dari total asam lemak, Karena lemak ini sangat baik dan tidak membahayakan untuk tubuh sebab lemak ini berjenis lemak tak jenuh tunggal, risiko tubuh teroksidasi lebih sedikit dibandingkan dengan omega-6 dan omega-3. Perlu diketahui juga minyak zaitun mempunyai kandungan Vitamin E, fungsinya untuk kesehatan maupun kecantikan seperti merawat rambut agar lebih sehat karena dengan secara terus-menerus mendapat suplai nutrisi dari luar.

Perlu diketahui juga di setiap 100 gram minyak zaitun terdapat sejumlah nilai gizi :
Energi – 3701 kJ (885 kcal)
Karbohidrat – 0 g
Lemak – 100 g.
– Jenuh (14 g)
– Tak jenuh tunggal (73 g)
– Tak jenuh ganda (11 g)
– Omega-3 lemak (<1 data-blogger-escaped-br="" data-blogger-escaped-g=""> – Omega-6 leak (3,5-21 g)
Protein – 0 g
Vitamin E – 14 mg (93% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)
Vitamin K – 62 mg (59% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

Menjaga kesehatan jantung
Seperti yang sudah diterangkan tadi bahwa minyak zaitun ini mengandung zat lemak tak jenuh. Hal inilah yang bisa membuat minyak zaitun menjadi bermanfaat untuk mengontrol kolestrol jahat pada tubuh kita serta dapat juga membantu meningkatkan kolesterol baik, Sehingga manfaat minyak zaitun ini dapat menjaga kesehatan jantung.

Mencegah kanker
Minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang cukup lumayan tinggi, sehingga dapat juga mencegah kanker serta dapat membantu untuk mengurangi resiko terserangnya kanker. Zat kimia Senyawa yang bernama hidroksitirosol yang terdapat pada antioksidan sangatlah baik untuk membantu dalam menyeimbangkan kadar gula di dalam tubuh sehingga dapat bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel-sel yang tidak normal yang menyebabkan kanker.

Mencegah diabetes
Bukan cuma hanya menyeimbangkan kadar gula saja, minyak zaitun juga dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula di dalam darah, sehingga dapat mencegah terkenanya penyakit diabetes melitus. Dengan pola makan mediterania ialah cara yang paling efektif untuk mencegah diabetes, karena dengan pola makan inilah banyak menggunakan minyak zaitun, sayuran, buah, biji-bijian, kacang-kacangan, dan rendah lemak jenuh. Dan ini akan membantu mengurangi kadar lipoprotein sekaligus juga mengendalikan kadar gula darah dan juga meningkatkan sensitivitas terhadap insulin.

Menyehatkan usus
Minyak zaitun mempunyai senyawa kimia yang bernama Oleuropein Aglycone yang di dalamnya dapat berperan untuk menjaga suplai darah ke bagian usus. Senyawa tersebut juga dapat mengurangi risiko adanya kerusakan yang akan terjadi pada jaringan usus yang disebabkan oleh gejala iskemia atau kurangnya peredaran darah di dalam sel.

Mencegah artritis Rematik
Belakangan ini banyak berbagai penelitian banyak memperlihatkan bahwa dengan pola makan yang banyak dengan menggunakan minyak zaitun akan lebih efektif dalam mencegah penyakit rematik artritis rematik. Minyak zaitun juga memiliki kandungan zat Prostaglandin, Zat Prostaglandin ini dapat membantu mengatasi rasa nyeri sendi serta pengeroposan pada tulang.

Menangkal radikal bebas
Radikal bebas terbentuk secara alami sebagai bagian dari proses metabolisme tubuh kita. Tetapi radikal bebas juga dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan, termasuk kebiasaan merokok, penggunaan pestisida pada makanan, polusi dan radiasi. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang mudah bereaksi dengan molekul penting dari tubuh kita, termasuk DNA, lemak. Dan protein dan radikal bebas adalah molekul yang memiliki satu elektron terlalu banyak atau terlalu sedikit sehingga tidak stabil. Minyak zaitun memiliki kandungan aktioksidan-polifenol, dan zat tersebut juga bermanfaat untuk membantu tubuh dalam detoksifitkasi molekul tidak seimbang sehingga sangat ampuh untuk menangkal serangan radikal bebas.

Share This Post :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2015 JABODIA. All Rights Reserved.