-->
Home » » 9 fakta Manfaat Beras Ketan bagi Kesehatan dan Kecantikan

9 fakta Manfaat Beras Ketan bagi Kesehatan dan Kecantikan

Unknown
JABODIA, Updated at: 9:22 AM

Posted by Unknown




Beras ketan sudah menjadi makanan biasa bagi orang Indonesia. Beras ketan ini termasuk dalam jenis padi juga yang mempunyai warna putih lebih putih dari beras biasa, ada juga yang berwarna agak kehitaman dan juga kemerahan. Beras ketan ini mempunyai ciri khas yaitu ketika di nanak atau di pasak mempunyai tekstur tersendiri yaitu lengket. Untuk memasak beras ketan ini jangan bingung karena sama saja halnya dengan memasak beras biasa dan biasanya beras ketan sering digunakan untuk orang yang sedang melakukan diet karena mempunyai kandungan karbohidratnya lebih rendah.

Orang-orang di Indonesia beras ketan ini biasanya digunakan dan di olah menjadi beragam makanan khas Indonesia yaitu, seperti : ulen, peyem, lemper dan masih banyak lagi. Dan jangan salah orang pada jaman dulu beras ketan ini sering konsumsi sebagai pengganti singkong untuk di santap.

Fungsi dan Kandungan Beras Ketan

Beras ketan ini mengandung 169 kalori dalam 200gr, 362 kkal energy di dalam beras ketan, 6,7 gr protein, 0,7 gr lemak, 79,4 gr karbohidrat, 12 mg kalsium, 148 mg fosfor, 1 mg zat besi, 0 IU vitamin A, 0,16 mg vitamin B1, 0 mg vitamin C. sehingga dapat di sesuaikan dengan asupan kalori yang di rekomendasikan. Beras ketan ini sangat berperan memiliki banyak kandungan dan manfaat yang baik untuk tubuh apabila di konsumsi dengan secara rutin, yaitu dapat mengurangi resiko penyakit jantung, sumber energy, membantu melawan radikal bebas, mmenyeimbangkan metabolisme di dalam tubuh, memperlancar system pencernaan, dan juga mencegah penyakit anemia.

Manfaat Beras Ketan Bagi Kesehatan
  • Dapat menjaga daya tahan tubuh
beras ketan hanya membantu untuk menjada daya tahan tubuh anda apalagi dengan keadaan saat ini dengan berubahan musim, sering sekali kali banyak orang yang sakit disaat perubahan musim. Jadi perbanyuaklah mengonsumsi beras ketan alangkah baiknya mengonsumsi beras ketan yang berwarna hitam supaya anda memiliki kekebalan tubuh yang sangat baik.

  • Mencegah penyakit diabetes
beras ketan sangat bermanfaat sekali untuk mencegah diabetes, karena beras ketan (ketan hitam) mengandung anti oksidan yang sangat tinggi dan mempunyai sifat anti-inflasi.

  • Mencegah kanker dan tumor
beras ketan ini hanya untuk mencegah saja dan bukan untuk mengobati, maka dari itu rutinitas harus di utamakan sebelum terjadi kepada anda.

  • Mencegah anemia
beras ketan ini mempunyai vitamin B12, jadi anda tidak akan mudah cepat lesu dan akan tetap terasa segar. Maka rutinkan untuk mengonsumsinya.

  • Memperbaiki kerusakan sel hati
Hati merupakan bagian yang paling penting di dalam organ tubuh manusia yang bertugas untuk menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Kartena beras ketan (ketan hitam) ini memiliki kandungan yang mampu untuk memperbaiki kerusakan hati sebagai contoh hepatitis dan chirosis.

  • Membersihkan kolestrol dalam darah
Kolestrol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh jadi rutinlah untuk mengonsumsi beras ketan karena mempunyai khasiat yang mampu untuk menetralisir kolestrol dalam untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon.

  • Membuat otot tubuh menjadi padat
ingin mempunyai tubuh yang padat dengan mempunyai otot seperti binaragawan? Perbanyaklah asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh supaya tubuh anda menjadi sehat dan sel-selnya dapat berkembang dengan baik. Bukan hanya memakan beras ketan tubuh menjadi berotot seperti binaragawan di butuhkan juga olah raga yang baik dan teratur.

  • Menyuburkan rambut
para medis meneliti bahwa beras ketan (ketan hitam) dapat menyuburkan rambut. Akar rambut menyerap nutrisi yang di butuhkannya dengan apa yang kita makan. Bukan hanya rambut saja beras ketan (ketan hitam) dapat menyuburkan bulu kumis jenggot dan jambang juga.

  • Menjaga kesehatan pada kulit
jadikan beras ketan sebagai pengganti lulur mandi anda, karena pekatnya ketan ini sangat mampu untuk menggantikan sel kulit mati dengan sel kulit yang baru lebih halus dan juga lembut karena ketan mengandung anti oksidan, sebagai pelembab alami serta juga dapat di jadikan untuk mendinginkan kulit.

Share This Post :

1 komentar:

 
Copyright © 2015 JABODIA. All Rights Reserved.