-->
Home » » Cara Membuat Telur Asin Berkualitas 100% Mantap

Cara Membuat Telur Asin Berkualitas 100% Mantap

Unknown
JABODIA, Updated at: 9:35 AM

Posted by Unknown

Telor Asin, Sumber : Resep Makanan Sedap

Cara Membuat Telur Asin - pasti sobat sudah tidak asing lagi kan dengan Telur Asin mungkin kalau cara membuatnya agak asing juga ya? sebetulnya cara membuat telur asin itu cukup mudah cuman yang susahnya itu dengan belajarnya, iya kan? sebodoh-bodonya orang jika belajar dan mau mencari hal yang baru itulah kunci jiwa usaha menuju kesuksesan.

Telur Asin terbuat dari telur bebek dengan rasanya yang sangat nikmat sekali apalagi kalau masih hangat dan telur asin ini menjadi salah satu kesukaan masyarakat karena mempunyai gizi yang cukup bagus bagi tubuh kita. Telur asin ini mampu membantu menjaga perkembangan pada otak anak kecil karena mempunyai kandungan nutrisi yang diantaranya protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin C, dan vitamin B1.

Cara Mebuat Telur Asin

Bahan-bahan yang harus di persiapkan

siapkan 10 telur bebek mentah yang masih baru dan jangan lebih dari 3 hari untuk dijadikan telur asin karena kalau lebih dari 3 hari nantinya ketika waktu proses biasanya akan berdampak buruk bau tak enak.
Tes dulu telurnya kalau telurnya tenggelam berarti telur itu layak untuk di proses, tapi kalau terlurnya mengambang di atas permukaan air telur itu sudah jelek bau dan tidak layak untuk di proses.
bersihkan telur bebek dengan Amplas atau serabut kelapa suapaya pori-porinya, terbuka kalau saya suka pakai serabut kelapa karena tidak merubah ketebalan kulit telur supaya nantinya ketika direbus tidak pecah.
siapkan abu gosok secukupnya jika ingin kuning telur ingin terlihat merah gunakan abu dari bekas bakaran batu bata merah.
siapkan 5Kg garam batu.
Ember yang ada tutupnya untuk proses nanti supaya tidak bocor angin

Cara membuatnya

Campurkan abu gosok dan 5Kg garam batu aduk hingga merata dengan dicampur air secukupnya sampai adonannya menjadi kental
setelah itu masukkan adonan ke dalam ember, buat lapisan supaya nantinya telur bebek ini dengan keadaan posisi menumpuk, kira-kira 2cm lapisannya.
masukkan telur bebek denga posisi menumpuk berlapis adonan, jangan lupa telurnya telurnya di tumpuk rapi jangan sampai berdempetan di kasih jarak supaya adonan cepat meresap kedalam pori-pori telur.
tutup ember tersebut dan diamkan selama minimal 14 hari.
setelah 14 hari kita bongkar saja dan di bersihkan, kemudian rebuh telur tersebut sampai benar-benar matang.
Dan siap untuk dimakan.

Share This Post :

2 komentar:

  1. mantap gan artikel cara membuat telor asinnya. sangat bermanfaat sekali.
    resep masakan sederhana

    ReplyDelete
  2. Artikel yang sangat bermanfaat untuk membuat telor asin yang berkualitas. Terimakasih atas informasinya gan.

    Kuliner Nusantara
    Kumpulan aneka resep makanan

    ReplyDelete

 
Copyright © 2015 JABODIA. All Rights Reserved.