-->
Home » » Anda Insomnia, ini cara Yang Jitu

Anda Insomnia, ini cara Yang Jitu

Unknown
JABODIA, Updated at: 9:53 PM

Posted by Unknown

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan untuk tidak tidur walaupun ada kesempatan untuk itu.


Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan dengan cara medis atau psikologis sangat diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur. Banyak penderita insomnia tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya untuk bisa beristirahat.


Penyebab Insomnia

Insomnia bukan suatu penyakit, tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab, seperti kelainan emosional,kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan.

Sulit tidur sering terjadi, baik pada usia muda maupun usia lanjut, dan seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan. Kadang seseorang sulit tidur hanya karena badan dan otaknya tidak lelah.

Dengan bertambahnya usia, waktu tidur cenderung berkurang. Stadium tidur juga berubah, dimana stadium 4 menjadi lebih pendek dan pada akhirnya menghilang, dan pada semua stadium lebih banyak terjaga. Perubahan ini, walaupun normal, sering membuat orang tua berfikir bahwa mereka tidak cukup untuk beristirahat dengan tidur.

Orang yang pola tidurnya terganggu dapat mengalami irama tidur yang terbalik, mereka tertidur bukan pada waktunya tidur dan bangun pada saatnya tidur.

Hal ini sering terjadi sebagai akibat dari:

  • Jet lag (terutama jika bepergian dari timur ke barat).
  • Bekerja pada malam hari.
  • Sering berubah-ubah jam kerja.
  • Penggunaan alkohol yang berlebihan.
  • Efek samping obat (kadang-kadang).
  • Kerusakan pada otak (karena ensefalitis, stroke, penyakit Alzheimer).

Gejala Insomnia

Penderita mengalami kesulitan untuk tidur atau sering terjaga di malam hari dan sepanjang hari merasakan kelelahan. Awal proses tidur pada pasien insomnia mengacu pada latensi yang berkepanjangan dari waktu akan tidur sampai tertidur. Dalam Insomnia psiko-fisiologis, pasien mungkin mengeluh perasaan cemas, tegang, khawatir, atau mengingat secara terus-menerus masalah-masalah pada masa lalu atau pada masa depan karena mereka berbaring di tempat tidur terlalu lama tanpa tertidur. Pada insomnia akut, dimungkinkan ada suatu peristiwa yang memicu, seperti kematian atau penyakit yang menyerang orang yang dicintai. Hal ini dapat dikaitkan dengan timbulnya insomnia. Pola ini dapat menjadi tetap dari waktu ke waktu, dan pasien dapat mengalami insomnia, berulang terus-menerus. Semakin besar usaha yang dikeluarkan dalam mencoba untuk tidur, tidur menjadi lebih sulit diperoleh. Menonton jam saat setiap menit dan jam berlalu hanya meningkatkan perasaan terdesak dan usaha untuk tertidur. Tempat tidur akhirnya dapat dipandang sebagai medan perang, dan tidur lebih mudah dicapai dalam lingkungan yang asing.


Cara Pengobatan Insomnia Dengan Mudah

  1. Bersihkan tubuh anda, Sebelum anda mau tidur cuci tangan, kaki dan muka anda dengan bersih. Sering kali kita kalau tidur suka tidak nyaman dengan posisi tidur anda, itu karena tubuh kita dalam keadaan kotor.
  2. Menghindari alkohol beberapa jam menjelang tidur, Cara mengobati insomnia secara alami dengan tidak mengonsumsi bir atau wine serta koktal sebelum Anda tidur. Alkohol akan membantu Anda mengantuk, namun zat alkohol kurang baik untuk kesehatan dan tidak bisa memberikan rasa nyenyak di tidur Anda. Alkhol bukanlah minuman yang baik untuk membantu cara mengobati insomnia.
  3. Jangan minum kafein setelah jam 2 siang, Cara mengobati insomnia tanpa obat dengan menjauhi minuman yang mengandung kafein. Anda boleh minum kopi, namun bisa diminum di pagi dan siang hari untuk membantu meningkatkan energi saat sedang bekerja. Namun, jika diatas jam 2 sebaiknya dihindari. Karena diperlukan beberapa jam agar kafein bisa hilang dari dalam tubuh. Karena kafein yang masih ada di dalam tubuh Anda malah akan membuat Anda menjadi susah tidur atau penyakit insomnia.
  4. Hindari stres, Cara mengobati insomnia akut dengan menghindari stres sebelum tidur. Sebaiknya tenangkan diri terlebih dahulu. Selain itu, rubahlah gaya hidup Anda dan ambillah waktu dengan cara merencanakan agenda harian Anda sehingga potensi dari stress bisa berkurang dan Anda bisa menyelesaikan tugas-tugas Anda dengan lebih cepat dan lebih awal. Karena jika tugas Anda selesai lebih cepat maka Anda akan mempunyai waktu istirahat lebih lama lagi. Salah satu cara yang paling baik untuk cara mengobati insomnia adalah dengan datang ke tempat tidur namun dengan pikiran yang tenang dan tidak ada masalah. Hindarilah membuat tekanan pada pikiran Anda. Karena stress akan berujung pada gangguan metabolisme di dalam tubuh.
  5. Pergi tidur lebih cepat, Cara menghilangkan insomnia dengan cara pergi tidur lebih cepat. Pergilah tidur 30 menit lebih awal dibandingkan seperti yang Anda lakukan biasanya. Dan kemudian ambillah buku yang bahan bacaannya ringan. Luangkan selama 30 menit untuk membaca buku serta beristirahat. Rilekskan pikiran Anda dan jangan sesekali membuka laptop atau juga merevisi laporan kerja jika Anda sudah ada di atas tempat tidur.
  6. Mandi dengan air hangat, Cara mengobati insomnia dengan alami adalah mandi menggunakan air hangat. Karena air hangat akan membuat tubuh menjadi lebih terasa nyaman apalagi jika Anda sudah selesai melakukan pekerjaan selama seharian. Mandi dengan menggunakan air hangat akan membantu untuk merilekskan otot-otot Anda yang tegang, sehingga Anda menjadi lebih rileks dan menjadi lebih nyaman saat tidur.
  7. Menghindari olahraga sebelum tidur, Cara mengobati insomnia dengan tidak melakukan olahraga sebelum tidur. Melakukan olahraga yang berat sebelum tidur bukan membuat Anda menjadi bisa tidur, malah akan membuat Anda terjaga sepanjang malam karena akan menjadi lebih fit setelah berolahraga. Anda bisa menggantinya dengan cara membereskan kamar Anda sampai Anda merasa lelah dan mengantuk.

itulah informasi mengenai penyakit insomnia dan cara mengobati insomnia secara alami. Lakukanlah hal ini dengan benar dan teratur sampai anda bisa mengatasi masalah susah tidur atau insomnia dengan lebih cepat.

Share This Post :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2015 JABODIA. All Rights Reserved.