-->
Home » » 8 Manfaat Dahsyat Jawer kotok bagi Kesehatan

8 Manfaat Dahsyat Jawer kotok bagi Kesehatan

Unknown
JABODIA, Updated at: 11:40 PM

Posted by Unknown

Jamu Nusantara

Manfaat Jawer Kotok, Jawer kotok (Coleus atropurrireus) adalah tanaman semak hias dan memiliki banyak varietas. Tersebar mulai dari daerah dataran rendah sampai dataran tinggi, umumnya bunga jawer kotok berwarna ungu dengan tangkai panjang. Tanaman ini mudah sekali ditanam hanya dengan setek, tanaman ini gampang tumbuh dan tidak memerlukan pemeliharaan yang sulit Namun umurnya jangka pendek. Tinggi tanaman ini mencapai tinggi 2 m dengan cabang yang banyak. Tanpa pemangkasan yang baik dan setelah daunnya gugur, tanaman ini menjadi kurang menarik.

Jawer kotok yang berkhasiat untuk pengobatan adalah jenis jawer kotok dengan daun berwarna cokelat merah tua polos. Bentuk daunnya seperti hati dengan tepi bergerigi. Banyak jenis jawer kotok yang lebih indah serta warna yank semarak dengan bentuk daun unik. Namun, jenis jawer kotok tersebut tidak memiliki khasiat untuk pengobatan.

Daun jawer kotok mengandung zat alkaloids, mineral, minyak terbang, dan zat pati. Khasiat tanaman ini dapat mengobati radang anak telinga, keputihan, dan wasir.

Manfaat Jawer Kotok bagi Kesehatan

Radang anak telinga

Daun jawer kotok 1/2 genggam Air secukupnya.
Caranya : daunnya digiling hingga halus. Tambahkan 3 sendok makan air panas kemudian peras dan swing. Air perasan diteteskan pada anak telinga yang sakit sebanyak 3-6 kali sehari.

Keputihan

Daun Jawer kotok 2/3 genggam, Madu 1 sendok makan dan air bersih 3 gelas. Caranya : Daun dicuci, lalu direbus bersama tiga gelas air hingga menyisakan 3/4 gelas. Setelah dingin, air rebusan disaring. Air rebusan diminum bersama madu. Lakukan pengobatan ini sebanyak tiga kali sehari.

Ambeien

17 helai daun jawer kotok, 7 daun ngokilo, 3 potong kunyit sepanjang jari telunjuk dan air masak.
Caranya : Cuci 17 helai daun jawer kotok dan 7 daun ngokilo. Kupas 3 potong kunyit kemudian memarkan. Semua direbus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Kemudian disaring lalu Minum sehari sekali sebanyak segelas.

Sembelit

5 helai daun jawer kotok dan air masak.
Caranya : 5 helai daun jawer kotok dicuci kemudian direbus dengan segelas air sampai tinggal setengah. Saring dan beri sesendok minyak kacang kemudian minum sekaligus.

Bisul

Daun jawer kotok dan minyak kelapa.
Caranya : Daun jawer kotok dicuci bersih kemudian ulasi dengan minyak kelapa lalu digarang kemudian disaat hangat tempelkan ke bisul.

Luka Borok

8 helai daun jawer kotok dicuci kemudian diremas-remas sampai keluar cairannya dan tempelkan pada luka. Ganti 3x sehari.

Gatal-gatal

Daun jawer kotok secukupnya dicuci dengan bersih kemudian direbus dengan air 4 liter setelah itu buang daunnya dan mandikan kebadan kita.

Wasir

Banyak orang yang mengetahui bahwa jawer kotok hanya sebagai untuk pembatas hiasan tanaman di halaman rumah. tetapi di balik sebagai pembatas hiasan di halaman rumah mempuyai obat sebagai wasir, tidak pernah di bayangkan sebelumnya kan?
caranya: rebus daun jawer kotok secukupnya kira-kira 10 helai daun jawer kotok dengan air 2 gelas dan diamkan airnya hingga sampai atu gelas kemudian minum dan rutinkan setiap pagi sampai wasirnya hilang. Kalau saya sih masih percaya sama mistis. konon katanya daun jawer kotok untuk di rebus itu harus sesuai dengan wedal kita.

Baca juga :

Ketahuilah 3 Manfaat buah sirsak untuk ibu hamil
6 Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan
Manfaat kunyit bagi kesehatan

Share This Post :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2015 JABODIA. All Rights Reserved.