-->
Home » » Manfaat Air Lengkuas bagi Kesehatan

Manfaat Air Lengkuas bagi Kesehatan

Unknown
JABODIA, Updated at: 4:54 AM

Posted by Unknown

Manfaat Air Lengkuas Merah, Lengkuas merupakan jenis tanaman rempah-rempah yang tumbuh subur di tanah Indonesia. Secara umum ada dua jenis lengkuas yang tumbuh di Indonesia, yaitu Lengkuas Merah dan Lengkuas Putih. Lengkuas merah biasanya dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal atau alami seperti halnya temulawak dan engkuas putih sama seperti jahe dan kunyit, selain dipakai obat alami juga banyak digunakan sebagai bahan bumbu masakan.

Tak heran kakek buyut kita dan orang tua dahulu sejak dulu memanfaatkan lengkuas merah sebagai obat tradisional. Biasanya lengkuas merah dipakai untuk mengobati berbagai macam penyakit ringan seperti rematik, penambah gairah, peningkat nafsu makan, dan juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati panu.


Karena di dalam lengkuas merah terdapat beberapa kandungan seperti minyak atsiri, eugenol, minyak terbang, pinen, sekuiterpen, kaemferida, metil sinamat, galangol, galangan, dan kristal kuning. Dan semua kandungan tersebut memiliki masing-masing manfaat bagi tubuh manusia.

Disini saya akan bahas tentang Manfaat Air Lengkuas bagi Kesehatan. Pasti kalian heran dengan adanya air lengkuas, apa ada air lengkuas ? tentu ada sobat.

Cara Mendapatkan Air Lengkuas Merah
potong batang lengkuas satu jengkal tangan dari daun lengkuas dipagi hari jam setengah 6, kemudian miringkan atau dibuat lengkungan kebawah batang lengkuas itu kita-kira 80°.
Ambil plastik putih kemudian ujungnya yang sudah dipotong masukan ke plastik dan ikat ujung plastiknya.
Lihat hasilnya kira-kira sekitar jam 10 siang sampai sorepun tidak jadi masalah, pindahkan ke gelas dan siap untuk diminum.
Lakukan secara rutin dalam seminggu satu kali sehari. Dari satu batang lengkuas, air lengkuas jika kita bagus memotongnya kira-kira 1/4 dari gelas ukuran kecil.

Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan Tubuh

Memberi kenyamanan di perut
Dengan memakan lengkuas dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan di perut yang disebabkan oleh peradangan atau penyakit lainnya. Memakan lengkuas dapat membantu mengurangi rasa muntah, mabuk di perjalanan serta dapat juga mengurangi gejala diare. Bukan hanya itu caja, di Negara Cina lengkuas ini digunakan sebagai obat cegukan, dimana cara menggunakannya dapat di kombinasikan dengan manfaat ginseng.

Menurunkan demam
Lengkuas juga mengandung analgesik dan antipiretik yang bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit seperti demam, serta dapat juga mengurangi infeksi akibat dari virus bakteri dan jamur. Selain itu, batang bawah dari galangal ini, telah menunjukkan efek penghambatan in vitro kepada banyak virus bakteri patogen seperti anthrax bacillus, hemolitik streptokokus dan berbagai strain staphylococcus.

Menjaga kesehatan mulut
Ekstrak akar lengkuas ini dapat juga digunakan untuk obat berkumur sehingga dapat mengurangi sariawan, radang gusi dan radang lainnya yang selalu ada di mulut dan tenggorokan, dan dapat digunakan untuk menghilangkan rasa bau mulut (halitosis).

Mengurangi resiko kanker
Sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari Inggris menunjukkan bahwa lengkuas mempunyai kandungan zat flavonoid galangin. Galangin ini sangat terbukti memiliki anti-oksidatif untuk menangkal kandungan zat radikal bebas. Zat ini dapat memodulasi pada enzim kegiatan dan menekan genotoxicity bahan kimia. Selain itu juga, lengkuas memiliki kandungan minyak atsiri. Para ahli peneliti telah menunjukkan bahwa minyak atsiri ini bisa meningkatkan permeasi kulit dari fluorouracil.

Menjaga keremajaan kulit
Lengkuas mempunyai kandungan zat anti-oksida yang mampu menghilangkan racun-racun di dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini di sebabkan karena pelepasan nutrisi ekstra untuk jaringan kulit, sehingga mampu untuk mencegah radikal bebas yang akan merusak kulit, serta menjaga keremajaan pada kulit.

Membersihkan bekas jerawat
Lengkuas dapat juga bertindak sebagai pembersih antiseptik yang dapat membantu untuk merawat kulit agar tetap terlihat lembab, bersih, cerah dan halus. Ramuan ini dapat berfungsi untuk merevitalisasi dan mencerahkan kulit. Bukan cuma itu saja, lengkuas juga dapat menjadi bahan obat alami untuk penyembuhan pada wajah berjerawat. Kandungan zatnya dapat mengurangi pembentukan jerawat dengan membersihkan bakteri yang ada di kulit.

Share This Post :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2015 JABODIA. All Rights Reserved.