-->
Home » » 11 Manfaat Jeruk Nipis

11 Manfaat Jeruk Nipis

Unknown
JABODIA, Updated at: 4:02 AM

Posted by Unknown


Manfaat jeruk Lemo, Jeruk Lemo atau biasa yang disebut orang-orang jeruk nipis ini ternyata banyak mengandung khasiat dan manfaatnya juga.
Banyak sekali orang mencari bagaimana cara menyembuhkan penyakit dengan secara alami tanpa berobat kedokter, Disini saya akan menjelaskan manfaat Buah Lemo bagi kesehatan.

Kandungan Jeruk Lemo (nipis)

Jeruk nipis juga mengandung unsur-unsur senyawa kimia yang bermanfaat, yaitu :
asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nonildehid), damar, glikosida, asam sitrun, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang vitamin B1 dan vitamin C. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung senyawa saponin dan flavonoid yaitu hesperidin (hesperetin 7-rutinosida), tangeretin, naringin, eriocitrin, eriocitrocide. Hesperidin bermanfaat untuk antiinflamasi, antioksidan, dan menghambat sintesis prostaglandin. Hesperidin juga menghambat azoxymethane (AOM) yang menginduksi karsinogenesis pada colon kelinci, dan juga menghambat N-butil-N-(4-hidroksi-butil) nitrosamin yang menginduksi karsinogenesis pada kandung kemih tikus. Jeruk nipis juga mengandung 7% minyak essensial yang mengandung citral, limonen, fenchon, terpineol, bisabolene, dan terpenoid lainnya.

Manfaat Buah Jeruk Lemo bagi Kesehatan


  1. Mengobati Batuk, 1 buah jeruk lemo di potong menjadi dua kemudian diperas airnya dan tambahkan kecap manis secukupnya, dan siap untuk diminum.
  2. Radang tenggorokan, potong buah jeruk lemo secukupnya dipotong kemudian diperas hingga airnya 1/4 gelas. Minum airnya kemudian di kumur-kumur dibagian tenggorokan.
  3. Buah rendah kalori, Jeruk lemo yang rasanya asam itu mempunyai kadar rendah kalori, yang dimana bahan ini merupakan bahan yang sempurna untuk diet rendah lemak. Sebagai gambaran saja, apabla anda mengonsumsi sekitar 3,5 Oz jeruk nipis manis, maka anda hanya akan menambah 43 kalori untuk tubuh. Selain itu, jeruk nipis manis juga rendah akan kandungan protein sehingga anda mungkin perlu juga untuk menambahkan elemen protein untuk diet. Oleh karena itu, jeruk nipis manis adalah pilihan yang sangat bagus bagi mereka yang ingin timbunan lemaknnya cepat terkikis. Kaya kandungan vitamin, Jeruk lemo kaya akan vitamin C yang sangat mudah membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam bentuk alami. Pada dasarnya seorang pria dewasa membutuhkan 90 miligram vitamin C setiap hari dan perempuan dewasa sekira 75 miligram. Karena setiap satu buah jeruk nipis manis berisi minimal 50 miligram Vitamin C, jadi sekarang anda tak perlu khawatir juga untuk kebutuhan vitamin C setiap hari saat anda menambahkan jeruk nipis manis di menu harian anda.
  4. Sumber mineral, Jeruk nipis manis sangat kaya akan mineral yang dimana memiliki kandungan kalium yang tinggi sekitar 490 miligran dalam satu buah. Bukan cuma kalium saja, jeruk nipis manis juga memberikan kandungan tembaga, kalsium, besi dan fosfor. Semua kandungan mineral itu sangat bermanfaat bagi kesehatan.
  5. Meningkatkan kekebalan tubuh, Jeruk lemo kaya akan vitamn C yang memberikan perlindungan terhadap penyakit akibat dari dingin dan penyakit umum lainnya. Dengan merasakan sistem kekebalan tubuh yang sudah fit, maka tubuh anda akan terlindungi dari infeksi dan juga penyakit.
  6. Membantu lancarkan pencernaan, Jeruk lemo memiliki flavonoid yang gunanya meningkatkan produksi empedu, asam, dan cairan pencernaan. Semua hal itu juga sangat membantu untuk berfungsinya sistem pencernaan di dalam tubuh. Yang dimana kandungan flavonoid ini akan menetralkan cairan pencernaan asam dan pengeluaran racun dalam tubuh. Di samping itu, mengonsumsi jeruk nipis manis juga akan menenangkan perut bila Anda menderita muntah, mual, atau juga Diare.
  7. Mengatasi masalah sembelit, kita pasti sering minum air hangat, tetapi minum air hangat dicampur dengan perasan jeruk nipis akan menyingkirkan sembelit ( segala penyakit perut ) dan juga pencernaan lainnya. Air jeruk hangat ini akan merangsang dan juga mengatur gerakan usus Anda sehingga akan menyembuhkan dari semua rasa sakit dan juga trauma yang berhubungan dengan masalah sembelit.
  8. Membersihkan Racun secara alami, Jeruk nipis hangat ini bisa membantu detoksifikasi dan membersihkan tubuh anda dari racun dengan cara membuang semua racun berbahaya yang terakumulasi di tubuh. Dan ini akan membersihkan sistem di dalam tubuh anda, sehingga membuat anda lebih sehat dan segar.
  9. Mencerahkan kulit, Efek menghilangkan racun dari tubuh juga bisa membuat kulit menjadi terlihat cerah. Vitamin C dari jeruk lemo ini membantu anda terlihat lebih muda. Karena kandungan antioksidan di dalamnya akannmembuat kulit menjadi awet muda.
  10. Melawan penuaan dini, Jeruk lemo ini memiliki kandungan Vitamin C tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Vitamin C akan menghilangkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh yang akan menyebabkan banyaknya kerusakan pada kulit anda. Oleh karena itu, dengan minum jeruk nipis hangat itu akan membantu kulit tubuh melawan kerutan akibat penuaan dini.
  11. Menurunkan berat badan,manfaat yang terakhir ini adalah manfaat yang paling sering dicari oleh orang yang sedang mengonsumsi jeruk nipis. Berbagai jenis kandungan di dalam buah yang satu ini terutama kandungan vitamin C dan seratnya yag sangat berdampak positif bagi orang yang sedang meurunkan berat badan. Dengan mengonsumi air jeruk nipis dicampur dengan air hangat, maka akan membantu Anda memberikan rasa kenyang yang lama dan membuat proses penurunan berat badan Anda lebih efektif.

Baca juga artikel lainnya :

Share This Post :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2015 JABODIA. All Rights Reserved.